Berita

Home   >

Pelatihan Penyusunan SOP dan Penilaian Program MBKM

Salatiga – Pelaksanaan kegiatan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dapat terlaksana dengan baik dan sistematis dengan adanya panduan atau manual prosedur dari setiap kegiatan. Evaluasi kegiatan juga memerlukan adanya instrumen penilaian kegiatan. Program studi sebagai unit pengelola program pendidikan tentu harus mempersiapkan Standar Operasional Prosedure (SOP) dan instrumen evaluasi tersebut. Oleh karenanya diperlukan adanya peningkatan kapasitas dari program studi dalam menyusun dokumen tersebut.

Berangkat dari latar belakang tersebut, Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) melalui tim Institutional Support System (ISS) Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menggelar Pelatihan Penyusunan SOP dan Penilaian Program MBKM pada Selasa – Kamis (18 – 20 Oktober 2022). Bertempat di Laras Asri Resort Salatiga acara menghadirkan Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si. (Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Malang) dan dimoderatori oleh Fitria Fatichatul Hidayah, S.Si. M.Pd (Dosen Pendidikan Kimia UNIMUS) terkait paparan dengan topik “Monitoring dan Evaluasi MBKM”.

Hadir secara virtual untuk memberikan sambutan Wakil Rektor I UNIMUS Dr. Budi Santosa, M.Si., Med. Pihaknya menyampaikan bahwa workshop penyusunan SOP dan monitoring evaluasi menjadi penting untuk peningkatan kualitas MBKM di UNIMUS. “Sejak awal UNIMUS berkomitmen dalam pelaksanaan MBKM, seluruh program studi kami himbau untuk meningkatkan kurikulum. Prodi kesehatan juga diharapkan ikut menjalankan MBKM. Mengingat jumlah program studi saat ini mencapai 33 (tiga puluh tiga), otomatis dokumen rancangan alur sistem juga menjadi bagian yang perlu diperhatikan, “ ungkapnya.

 

Acara dilanjutkan dengan agenda paparan “Kegiatan MBKM Universitas Muhammadiyah Semarang” dengan Dr. Endang Tri Wahyuni Maharini W., M.Pd (Sekretaris Bidang Pengembangan Pendidikan LP3M UNIMUS) sebagai pemateri dan dimoderatori Fitria Fatichatul Hidayah, S.Si. M.Pd. Setelahnya materi “Monitoring dan Evaluasi MBKM Universitas Muhammadiyah Semarang” dengan narasumber Dr. RNgt. Amin Samiasih, S.Kp., M.Si.Med (Sekretaris Bidang Penjaminan Mutu LP3M UNIMUS) serta “Sosialisasi Penilaian OBE berbasis MBKM Universitas Muhammadiyah Semarang” oleh Dr. Ir. Wahyudi, ST.,MT. (Lembaga Sistem Informasi UMY).

Lebih lanjut, tim ISS MBKM turut pula menggelar Bedah Panduan Operasional Baku (POB) Bentuk Kegiatan Program. Acara dibuka oleh Muhammad Munsarif, M.Kom selaku Kepala Lembaga Media Center UNIMUS. Pihaknya menyatakan bahwa agenda bedah panduan operasional baku dibutuhkan mengingat perlunya konsolidasi antara koordinator Bentuk Kegiatan Program (BKP) lama dengan koordinator yang baru. “Kami fokus pada bagaimana implementasi MBKM ini utamanya dukungan terhadap sistem yang ISS bangun dapat digunakan dengan baik. Kami ingin adanya koordinasi antara penanggung jawab yang lama dengan yang baru karena kami membangun sistem Outcome Based Education berbasis MBKM,” ungkapnya.

Pengumuman

Agenda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact Info

© 2022 | Universitas Muhammadiyah Semarang